Skip to content
Home » Penjelasan Harga Dinar

Penjelasan Harga Dinar

Ada best practice untuk berdagang yang sangat baik dari khasanah Islam, yaitu kesetaraan informasi antar pelaku pasar.

Kalau di dunia perdagangan barat dikenal istilah caveat emptor / let the buyer beware yaitu biarkan pembeli yang hati-hati (penjual bisa seenaknya); maka dalam Islam ada keharusan bagi penjual untuk menjelaskan secara detil kondisi barang yang akan dijualnya, termasuk cacat-cacatnya bila ada. Dalam istilah ekonominya yang cukup mendekati (meskipun tidak sepenuhnya benar) adalah caveat venditor / let the seller beware atau biarkan penjual yang hati-hati.

Dimasa-masa kejayaan perdagangan Islam, pedagang yang datang dari jauh ke suatu kota – dia dijamu sebagai tamunya kamum muslimin di kota tersebut. Kepadanya disediakan tempat tinggal untuk beberapa hari agar paham situasi pasar, tingkat harga dlsb. sebelum yang bersangkutan mulai berdagang.

Dalam era teknologi informasi ini, informasi tentang harga barang (apapun) di seluruh dunia dapat diketahui setiap saat dalam sekejap. Oleh karenanya baik pembeli maupun penjual bisa dengan mudah mengakses informasi yang sama sebelum transaksi jual beli – sehingga dapat terjadi transaksi yang adil berdasarkan kesetaraan informasi.

Dalam rangka mewujudkan kesetaraan informasi antara Gerai Dinar dan para nasabahnya, alhamdulillah mulai hari ini bisa kita sajikan harga Dinar yang dihitung berdasarkan harga emas dan nilai tukar mata uang besar dari hampir seluruh dunia secara real-time.

Semua data yang kita sajakan adalah data yang up-to-date karena secara otomatis terus menerus di up-date setiap 10 menit. Dengan data yang sangat up-to-date ini diharapkan calon pembeli Dinar dapat mengetahui secara lebih akurat trend harga yang sedang berjalan.

Grafik dan harga yang ter-up-date setiap 10 menit ini, tentu harus dilihat secara menyeluruh bersamaan dengan grafik bulanan, tahunan, 10 tahun dan bahkan 40 tahun yang sudah selama ini kami sajikan. Grafik-grafik yang kami sajikan ini adalah untuk mendukung keterbukaan informasi, dan tidak diharapkan menjadi alat untuk berspekulasi.

Kami di Gerai Dinar menggunakan grafik ini pula untuk mengambil harga jual dan beli kami. Hanya saja akan merepotkan para agen dan pembeli yang tidak setiap saat mengakses internet apabila kami gunakan harga real time-nya; untuk memudahkannya situs ini akan mengupdate secara otomatis pula Nilai Tukar Gerai Dinar pada titik waktu jam 7 pagi ; jam 13 siang ; jam 19 malam dan jam 1 dini hari BBWI. Dua titik terakhir diperuntukkan bagi pembaca yang di Eropa dan Amerika – yang selisih waktunya dengan kami antara 7 – 12 jam.

Harga jual dan harga beli kami tersebut kami sajikan di samping grafik Dinar dan kami beri keterangan Nilai Tukar Gerai Dinar (Saat Anda Baca Ini).

Baca Selanjutnya
Uang Baru dan Pemerintahan Baru

Untuk memenuhi harapan para pembaca gerai Dinar yang 18% -nya berasal dari luar negeri, Grafik juga kami sajikan dalam berbagai mata uang besar dunia – melalui drop down list . Dengan demikian pembaca kami yang di Amerika, UAE, Jepang, Iran, Swedia dlsb. dapat langsung mengetahui harga Dinar Emas dalam mata uang mereka.

Perlu kami sampaiakan bahwa harga Dinar disini dibangun berdasarkan harga emas dan nilai tukar mata uang, yang sedang berlaku saat engine kami mengakses data dari seluruh bank data yang ada. Dari harga emas dan nilai tukar yang sedang berlaku tersebut kemudian kami tambahkan biaya-biaya yang wajar untuk mencetak Dinar (di Indonesia). Biaya-biaya ini meliputi biaya cetak, transportasi, penglolaan, asuransi, pajak dan biaya lain yang terkait dengan pengadaan/pengelolaan Dinar.

Bagi pembaca yang lebih suka memantau harga emasnya dibandingkan dengan harga Dinar, grafik harga emas dalam berbagai mata uang juga dapat diakses di halaman khusus kami go.ldfor.us atau dibaca Gold For Us .

Berbeda dengan harga Dinar yang sudah memasukkan seluruh unsur biaya, harga emas yang kami sajikan belum termasuk unsur biaya cetak dlsb. Hal ini karena biaya cetak sangat bervariasi tergantung dengan ukuran keping emas yang dibuatnya. Semakin kecil keping emas, semakin mahal biaya cetak per gramnya.

Meskipun engine yang kami buat ini insyaallah cukup canggih dan reliable, untuk transaksi besar dengan Gerai Dinar (diatas 100 Dinar) kami tetap sarankan di konfirmasi dahulu sebelum transaksi dilakukan.

Selain itu karena orientasi kami menyediakan Dinar sebanyak mungkin yang dibutuhkan masyarakat, maka ketersediaan stock Dinar akan lebih kami prioritaskan dibandingkan dengan stock emas lantakan. Oleh karenanya seluruh pembelian emas lantakan berapapun ukurannya, harus dicek dahulu dengan kami ketersediaan stocknya.

Semoga hal kecil yang kami tambahkan ini dapat membawa manfaat. Amin.

Malcare WordPress Security