Skip to content
Home » Harga Emas : Tidak Ada Prediksi Yang Pasti…!

Harga Emas : Tidak Ada Prediksi Yang Pasti…!

Meskipun berpuluh ahli berhasil mengembangkan teorinya sendiri-sendiri untuk memprediksi harga emas kedepan, sampai saat ini ternyata tidak ada satu teori-pun yang bisa memberikan kepastian akan keakuratan prediksi tersebut.

Di situs inipun selalu kami katakan bahwa prediksi-prediksi harga emas yang kami ungkapkan dalam berbagai tulisan kami sifatnya hanya berusaha memahami statistik yang ada untuk masa yang sudah lewat, sedangkan yang sifatnya kedepan – hanya Allah-lah yang tahu.

Untuk menggambarkan betapa sulitnya memprediksi harga emas ini, pada grafik disamping (klik untuk melihat grafik lengkapnya) saya sajikan ringkasan prediksi harga emas untuk Senin depan (karena hari ini tidak ada transaksi) – yang disajikan berdasarkan berbagai teori dan asumsi. Hasilnya mencengangkan, dalam arti perbedaan satu prediksi/asumsi dengan prediksi/asumsi lainnya.

Dari 40-an angka yang keluar dengan berbagai pendekatan teori tersebut, angka yang terendah adalah US$ 859.85/Oz dan angka yang tertinggi US$ 1267.26/Oz.  Pendapat terbanyak mengerucut pada range US$ 1,105/Oz sampai dengan US$ 1,126/Oz.

Lantas bagaimana kita menyikapi tidak adanya kepastian harga emas kedepan ini ?; sederhana, yaitu jangan berspekulasi dengan harga emas !.

Emas terbukti efektif untuk perlindungan nilai dari jerih payah kita karena setelah beribu tahun-pun memiliki daya beli yang relatif tetap terhadap berbagai kebutuhan kita.

Namun untuk jangka pendek, fluktuasi harga ini begitu besar – sehingga tidak ada satu orang ahli-pun yang bisa memprediksi harganya kedepan dengan akurat. Dan hanya Allah-lah yang Maha Tahu – Wa Allahu  A’lam.

Baca Selanjutnya
Gold Reserve : Mereka Mungkin Tahu Yang Dilakukannya, Sedangkan Kita…?
Malcare WordPress Security