Skip to content
Home » Revisi Estimasi Harga Dinar & Emas Akhir 2011

Revisi Estimasi Harga Dinar & Emas Akhir 2011

Akhir pekan kemarin harga emas dunia mencapai rekor tertingginya yang baru, yaitu ditutup pada kisaran harga US$ 1,475/Oz. Apakah dengan demikian harga akhir tahun akan jauh lebih tinggi lagi ?. Bisa jadi demikian, namun saya lebih comfortable menggunakan estimasi yang konservatif dengan model matematika yang sudah saya perkenalkan melalui tulisan tanggal 22 Februari 2011. Karena model ini bersifat dinamis tergantung pergerakan harga yang riil di pasar internasional, ketika ada data yang kita update untuk rata-rata Maret 2011 yang sudah definitif dan April 2011 sampai tanggal 10/04/2011 – maka formula matematika yang dihasilkan sedikit bergeser dari yang pernah saya sajikan sebelumnya.

Berdasarkan data terbaru tersebut, model yang paling akurat tetap model polynomial dengan akurasi yang dicerminkan oleh R2 lebih dari 98% , model yang lain yaitu exponential hanya menghasilkan R2 sekitar 97% sedangkan model linear hanya memberikan R2 di kisaran 89% – lebih detilnya dapat dilihat di grafik berikut.

Estimasi Harga Emas dalam US$


Dengan menggunakan bulan ke satu-nya Januari 2000, maka bulan Desember 2011 adalah bulan ke 144 atau dengan memasukan x=144 kita dapat memprediksi dengan cukup akurat harga emas akhir tahun ini akan berada di kisaran US$ 1525/Oz atau naik di kisaran 10% dibandingkan dengan harga emas akhir 2010 lalu.

Lantas bagaimana dengan harga emas dan Dinar dalam Rupiah ?. Bila harga emas international yang harganya dibentuk dengan mekanisme pasar, tidak demikian halnya dengan harga emas di Indonesia. Pasar emas Indonesia terlalu kecil untuk membentuk harganya sendiri melalui mekanisme pasar.

Estimasi Harga Emas dalam Rupiah

Harga emas dalam Rupiah lebih banyak tergantung pada harga emas internasional dan nilai tukar Rupiah itu sendiri. Yang menjadi masalah adalah nilai tukar Rupiah terhadap Dollar tidak bisa didekati dengan cukup akurat oleh model matematika layaknya harga emas internasional tersebut diatas. Maka untuk konversi harga emas international dalam US$ ke harga emas Indonesia dalam Rupiah saya gunakan pendekatan nilai tukar random kemudian dirata-rata.

Selain faktor random ini saya beri pula load fisik di kisaran angka 2 %  dari pengalaman survey pasar emas fisik. Mengapa demikian ?, Karena harga emas internasinal adalah berdasarkan perdagangan di bursa yang emasnya sendiri belum tentu diserahkan secara fisik. Sedangkan perdagangan emas yang kita inginkan adalah perdagangan emas fisik lengkap dengan faktor-faktor biaya pengangkutan, security, biaya cetak dlsb.

Dengan menggunakan pendekatan random dan memberi load biaya-biaya tersebut, maka harga emas dalam Rupiah akhir tahun ini diperkirakan akan berada di kisaran Rp 450,000/gram dan Dinar di kisaran Rp 1,915,000/Dinar.

Namanya juga estimasi, tidak ada jaminan akan kebenarannya atas estimasi ini. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui – Wa Allahu A’lam.

Baca Selanjutnya
Estimasi Konservatif Harga Emas/Dinar 2011
Malcare WordPress Security