Mengembalikan Kegemilangan Ekonomi Dengan Dinar Emas

Artikel ini adalah makalah ilmiah yang disampaikan di Seminar Dinar Dan Industri, Penerapan Dinar Dan Industri Sebagai Solusi Krisis Perekonomian Global, 3 November 2016, di Plaza Khazanah, Sukajadi, Batam.

(Makalah pertama dari 3 Makalah)

 

  1. Islam itu Canggih

Islam itu canggih, tidak ada agama secanggih Islam (Hadist)

  1. Islam Kaffah QS Al Baqarah 208

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱدۡخُلُواْ فِى ٱلسِّلۡمِ ڪَآفَّةً۬ وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٲتِ ٱلشَّيۡطَـٰنِ‌ۚ إِنَّهُ ۥ لَڪُمۡ عَدُوٌّ۬ مُّبِينٌ۬ (٢٠٨)

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

  1. Islam seimbang dunia dan akherat QS Al Qoshos 77

وَٱبۡتَغِ فِيمَآ ءَاتَٮٰكَ ٱللَّهُ ٱلدَّارَ ٱلۡأَخِرَةَ‌ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنۡيَا‌ۖ وَأَحۡسِن ڪَمَآ أَحۡسَنَ ٱللَّهُ إِلَيۡكَ‌ۖ وَلَا تَبۡغِ ٱلۡفَسَادَ فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلۡمُفۡسِدِينَ (٧٧)

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni`matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

  1. Islam agama rahmat  QS Al Anbiyaa’ 107

وَمَآ أَرۡسَلۡنَـٰكَ إِلَّا رَحۡمَةً۬ لِّلۡعَـٰلَمِينَ (١٠٧)

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk rahmat bagi semesta alam (global).

  1. Konstuksi Islam integral QS Ibrahim 24-25

أَلَمۡ تَرَ كَيۡفَ ضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلاً۬ كَلِمَةً۬ طَيِّبَةً۬ كَشَجَرَةٍ۬ طَيِّبَةٍ أَصۡلُهَا ثَابِتٌ۬ وَفَرۡعُهَا فِى ٱلسَّمَآءِ (٢٤) تُؤۡتِىٓ أُڪُلَهَا كُلَّ حِينِۭ بِإِذۡنِ رَبِّهَا‌ۗ وَيَضۡرِبُ ٱللَّهُ ٱلۡأَمۡثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمۡ يَتَذَڪَّرُونَ (٢٥)

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

ثُمَّ جَعَلۡنَـٰكَ عَلَىٰ شَرِيعَةٍ۬ مِّنَ ٱلۡأَمۡرِ فَٱتَّبِعۡهَا وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَ ٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَ (١٨)

Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama) itu, maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui. (QS Al-Jatsiyah ayat 18)

  1. Sistim Ekonomi di dunia
  • Kapitalisme (Capitalism)
  • Komunisme (Communism)
  • Sosialisme (Socialism)

Pada tahun 1960, 20% penduduk dunia terkaya menikmati 75% pendapatan dunia; sedangkan 20% penduduk termiskin hanya menerima 2,3% pendapatan dunia Pada tahun 1997, 20% penduduk terkaya itu menikmati 80% pendapatan dunia Sebaliknya, 20% penduduk termiskin menerima 1% saja pendapatan dunia (Spilanne, 2003) Krisis ekonomi dunia sudah terjadi sejak tahun 1907 disusul dengan krisis ekonomi tahun 1923, 1930, 1940, 1970, 1980, 1990, dan 1998 – 2001 bahkan sampai saat ini.

Di Asia Tenggara sendiri—khususnya Thailand, Malaysia dan Indonesia—krisis pernah terjadi pada tahun 1997-2002 hingga saat ini. Amerika melepaskan standarisasi dolar dengan emas karena defisit neraca perdagangan diberlakukan sistem mata uang mengambang (Floating Exchange System) dolar diambangkan dan nilainya sesuai dengan mekanisme pasar yaitu sesuai dengan permintaan dan penawaran (Fiat Money). Uang yang memiliki selisih nilai antara bahan pembuat dan nilai yang tertera digunakan sebagai alat pembayaran karena jaminan negara (UU). Secara riil uang fiat ini tidak mempunyai nilai.

Baca Selanjutnya
Menduga Sisa Nilai Uang Kertas Dengan Teori Peluruhan

Inflasi adalah naiknya harga barang dalam waktu yang bersamaan akibat nilai mata uang yang menurun bisa dikarenakan jumlah uang beredar terlalu banyak, defisit neraca perdagangan dan lainnya. Ketika masyarakat dunia menggunakan fiat money (spt: uang kertas, logam) maka konsekuensi logisnya mereka telah memasuki tahapan ekonomi baru yaitu inflasi abadi (Robert A. Mundell-Peraih Nobel Ekonomi).

Utang Nasional dan Inflasi adalah anak sistem uang kertas (fiat money) (William Cobbet-Paper Against Gold) .

Sistem Mata Uang dalam Ekonomi Kapitalisme adalah sebuah sistem rusak yang self destructive (menghancurkan diri sendiri) maka selama ekonomi berpegang pada sistem ini maka ekonomi tidak akan stabil.

1 ekor kambing pada masa Rasulullah dibeli dengan harga 1 dinar sampai sekarang pun kambing dapat dibeli dengan harga 1 dinar.

Tinggalkan 7 hal yang dapat membinasakan: “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, memakan riba, memakan harta anak yatim, melarikan diri ketika datang serangan musuh dan menuduh wanita mukmin yang suci berzina (HR Bukhari dan Muslim)

1 dinar = 4,25 gram emas yang berarti nilai pembuat dan nilai uangnya sama berarti seberapapun dolar naik, maka uang dinar akan mengikuti senilai dolar menghargai 4,25 gram emas.

  • Ekonomi Islam termasuk dalam Socialism, tetapi Sosial Religius”
  • Konsep Sejarah menurut Al- Qur’ an
  • Hak milik pribadi secara terbatas atas alat- alat produksi.
  • Persaudaraan manusia yang universal, hubungan kemitraan.
  • Prinsip Koeksistensi abadi
  • Menghalalkan perdagangan dan mengharamkan riba
  • Kekuasaan adalah milik Allah SWT. Yang Maha Kuasa.

 

  1. Ekonomi Islam

Sejarah menyebutkan, tatkala Konstanti-nopel berada di bawah Khilafah Turki Utsmani, di sana tidak pernah ada pembantaian terhadap penduduk Konstantinopel. Bahkan Pemerintahan Islam Utsmani bekerjasama dengan umat Nasrani untuk kembali membangun perekonomian, dan menjalin persahabatan dengan Yunani. Khilafah Turki Utsmani juga terus mengepakkan sayap kekuasaannya ke wilayah Mesir, Arabia dan Syiria. Yang tak kalah pentingnya, Turki Utsmani menyebarkan ajaran Islam hingga ke kawasan Balkan.

Pada masa Bani Umayyah ekonomi mengalami kemajuan yang luar biasa. Dengan wilayah penaklukan yang begitu luas, maka hal itu memungkinkannya untuk mengeksploitasi potensi ekonomi negeri-negeri taklukan. Pembaharuan mata uang yang dilakukan adalah jenis mata uang baru yang bisa dibilang sebagai mata uang resmi pemerintahan Islam. Mata uang tersebut terbuat dari emas, perak dan perunggu yang dalam bahasa Romawi disebut dengan Dinar (uang emas), Dirham (uang perak) dan Fals atau Fuls (uang perunggu).